Jumat, 22 Maret 2013

KEGIATAN PEMBUKAAAN SEKOLAH LAPANG IKLIM ( SLI )





Kegiatan SLI ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Anggota Kelompok Tani dalam melaksanakan metigasi masalah iklim yang dewasa ini banyak mengalami perubahan ( Global Warning ) yang dicirikan dengan Perubahan suhu yang tinggi , curah hujan yang berubah, adanya pencairan es di kutub utara. Dengan lebih mendalaminya perubahan iklim ini Petani diharapkan  bisa mengantisipasi maslah iklim ini sehingga bisa memperkirakan tentang  jadwal tanam yang tepat, serta komoditas yang akan ditanam, dan cara mempridiksi datang dan berakhirnya musim penghujan.

Kegiatan kegiatan yang akan dilakukan dalam sekolah lapang Iklim ini adalah  peserta akan belajar bersama baik secara teori maupun praktek tentang cara-cara memperkirakan datang dan berakhirnya musim hujan, menghitung jumlah curah hujan, kelembapan dll. Adapun Fasilitator yang akan memberikan materi pada SLI adalah Dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kulon Progo, BP3K Kecamatan Kalibawang, BMKG, UPTD BPTP Dinas Pertanian DIY, BPBD Kabupaten Kulon Progo, dan BPTP Karangsari Yogyakarta.

Dengan Kegiatan SLI ini diharapkan kedepanya masalah-masalah yang menghambat mengenai budidaya di tingkat petani bisa diminimalisir sehingga produktivitas komoditas pertanian terus meningkat, sehingga masalah ketahanan pangan ditingkat petani dapat tercapai dengan baik, selain itu dengan meningkatnya produktivitas  komoditas pertanian  diharapkan pendapatan para petani juga meningkat .( Nu 75 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar