Jumat, 22 Maret 2013

PENGEMBANGAN DURIAN DI KECAMATAN KALIBAWANG KULON PROGO


Dalam rangka pengembangan agrowisata diwilayah Kecamatan Kalibawang akan diadakan pengembangan tanaman Durian. Pengembangan tanaman durian ini dilaksanakan khususnya di wilayah Desa Banjaroya. Pada hari ini Kamis 21 Maret 2013 diadakan sosialisasi pengembangan durian , Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari tujuh Kelompok tani di wilayah Desa Banjaroya antara lain : Sidodadi  Dusun Pranan,Ngudi Rahayu  Dusun Slanden,Giri Bakti Dusun Dlingseng, Langgeng Dusun Promasan, Sido Makmur Dusun Puguh,Serba Guna Dusun Semawung, Sedyo Makmur Dusun Kempong , dan dihadiri dari perwakilan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kulon Progo, Camat Kalibawang dan segenap penyuluh BP3K Kecamatan Kalibawang. Kegiatan sosialisasi ini untuk memulai kegiatan pengembangan Durian di Wilyah Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, adapun kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi :
a)Pengembangan Durian di wilayah Dusun Tonogoro, Desa Banjaroya seluas 20 Ha yang berasal dari Dana APBD I dan dari Dana Bantuan CSR Pertamina. Pendampingan Kegiatan dilakukan oleh “ Obor Tani “ selama minimal 3,5 Tahun.
b)Pengembangan Durian di Kawasan sekitar wilayah Dusun Tonogoro seluas 71 Ha terdiri dari tujuh Kelompok, Dana Berasal dari Dana APBN.
c)Pengembangan Durian seluas 7 Ha, terdiri dari 2 Kelompok yaitu ; Kelompok Serbaguna Dusun Semawung 3 Ha dan Kelompok Sedyo Makmur Dusun Kempong.
d)Kegiatan Sekolah Lapang ( SL ) GAP Durian di laksanakan menjadi 2 Kelompok SL masing - masing kelompok 30 Orang, Kegiatan ini berasal dari  Dana APBN
Kegiatan Pengembangan Durian ini  berupa bantuan bibit Durian Menoreh Kuning dan Pupuk Organik. Kegiatan sosialisasi ini akan ditindak lanjuti pada tingkat kelompok yang akan dilaksanakan selesai 15 April 2013.(BP3K Kalibawang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar