Selasa, 05 Maret 2013

Sosialisasi RPL dari STPP ke KWT Mahkota

Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas pembangunan pertanian nasional dari waktu ke waktu. Ke depan, setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga.
Badan Penyuluh Pertanian, Perikanan, Perkebunan dan Kehutanan Kecamatan Kalibawang bekerja sama dengan pendamping dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Yogyakarta mengadakan kegiatan Sosialisasi Rumah Pangan Lestari bagi Kelompok Wanita Tani  Mahkota, di Dusun Slanden, Desa Banjaroya, Kalibawang Kulon Progo Selasa (5/3). Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang anggota KWT.
"Program RPL ini memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami sejumlah tanaman palawija dan sayur-sayuran," kata Agus Wartapa, SP.,MP. pendamping dari STPP.
Prinsip dasar KRPL adalah: (i) pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan, (ii) diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, (iii) konservasi sumberdaya genetik pangan (tanaman, ternak, ikan), dan (iv) menjaga kelestariannya melalui kebun bibit desa menuju (v) peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar